Setidaknya Ada Momen Indah di 2013

Tak terasa 2013 hanya menyisakan 9 hari. Aku ingat hari itu di penghujung 2012. Aku rumit memikirkan mutasiku ke luar kota. Jauh dari rumah. Jauh dari teman. Bertanggung jawab pada diri sendiri. Aku hanya seorang diri. Rasanya ingin lari tapi tak tahu kemana harus pergi. Akhirnya aku menerima apa yang harus ku jalani.

Tahun baru, tempat baru, teman baru, permasalahan baru juga. Di usiaku yang belum genap 20, aku harus memikirkan hal-hal sistematif yang aku sendiri belum pernah menghadapi sebelumnya. Krusial bisa kubilang.

Mungkin tahun ini adalah gerbang awal memasuki kedewasaan. Terlalu banyak pelajaran berharga yang aku terima. Bahwasanya aku tak boleh bodoh lagi, tak boleh mudah percaya lagi, tak boleh lugu. Hati nurani tak selalu tepat untuk menyelesaikan masalah. Aku menemukan frasa "ikuti kata hati" itu sebagai jebakan saja. Tak semua yang dikatakan oleh hati itu benar. Terkadang kamu harus ikuti kata orang lain. Percaya atau tidak.

Bisa dikatakan tahun ini aku bertemu dengan banyak teman baru. Teman-teman yang pada akhirnya hanya pengkhianat, pecundang, dan yang hanya menyisakan luka saja. Pada akhirnya aku enggan mengenal mereka lagi. Cukuplah mereka menjadi pembelajaran di masa lalu. Tapi tak sedikit pula teman yang masih menjadi teman hingga sekarang. Meski jarang berkomunikasi tapi setidaknya kami menganggap teman satu sama lain. :)

Well, tak semua yang kulalui di tahun ini adalah masa-masa buruk. Ada beberapa hal yang perlu aku syukuri. Setidaknya aku sudah pernah menginjakkan kaki ke tempat yang belum aku kunjungi sebelumnya.

Mei --- Pantai Indrayanti, Gunung Kidul dan Malioboro, Yogyakarta.

Pantai Indrayanti

Juli --- Jika bukan karena iseng-iseng kirim fotocopy ijasah mungkin saya tidak akan pernah ke Universitas Indonesia dan Bogor

Fakultas Sastra dan Budaya Jepang, Universitas Indonesia, Depok
Terima kasih untuk orang-orang yang masih bersamaku dan setia menjadi teman-temanku tahun ini. May we all have a good year ahead. Be here always, please! XD

Komentar

Postingan Populer